jenis-jenis printer

Jenis – Jenis Printer

Teknologi printer yang  semakin berkembang memunculkan jenis printer yang bermacam-macam.Dipandang dari alat-alat mekanik yang dipergunakan, printer dapat digolongkan  kedalam impact printer dan nonimpact printer.

Impact Printer

            Impact printer menggunakan  pengetuk (hammer) untuk mencetak bentuk yang diinginkan. Impact Printer menggunakan pita karbon yang ditekan, membentuk langsung suatu bentuk yang utuh atau sebagian-sebagian di kertas. Printer jenis ini mempunyai beberapa tipe, yaitu dot-matrik,  full character printer (pencetak karakter penuh). Yang termasuk full charakter printer adalah daisy whell printer, thimble printer, chain printer, band printer dan drum printer.

Dot – Matrik Printer

            Printer dot-matrik adalah printer yang resolusi cetaknya masih sangat rendah, selain itu ketika sedang mencetak suara printer jenis ini cenderung keras dan berisik. Jenis printer ini sebenarnya menghentakkan tinta diatas karbon untuk membentuk karakter dikertas. Printer ini banyak digunakan untuk mencetak slip gaji dan wartel.
Didalam kepala printer (printhead) berisi beberapa pin yang bergerak dari kiri ke kanan kertas dalam satu baris untuk waktu tertentu. Semakin banyak pin yang terdapat pada kepala printer maka hasil cetakan semakin bagus yang diberinama Near Letter Quality (NLQ). Adapun jumlah pin yang terdapat pada dot matrix, yaitu : 9-pin, 24- pin, 48-pin. Kecepatan untuk dot matrix printer dalam pencetakan disebut characters per second (cps).

Daisy Wheel Printer

            Printer ini menggunakan sebuah roda (wheel), yang berisi karakter-karakter. Tiap-tiap karakter di roda, terletak pada sebuah lengan plastik yang dilekatkan pada pusat roda, sehingga berbentuk seperti bunga seruni (daisy). Roda yang berisi karakter-karakter akan berputar dan akan berhenti pada posisi karakter yang dikehendaki, selanjutnya karakter ini akan diketuk dengan suatu pemukul dan akan tercetak di kertas melalui suatu karbon.

Hasil dari karakter yang tercetak di kertas mempunyai kualitas yang baik, sehingga printer ini digolongkan juga sebagai letter quality printer, tetapi mempunyai kelemahan yaitu lebih lambat dibandingkan dengan dot matrix printer.
Thimble Printer

            Thimble printer juga merupakan letter quality printer menggunakan elemen berbentuk thimble yang terdiri dari  batangan plastik yang diatur melingkar seperti daisy wheel tetapi batangan tersebut dibengkokkan. Pola dari karakter ada di ujung batangan plastik tersebut.

Chain printer

Chain printer menggunakan suatu rantai yang berisi karakter-karakter untuk membuat hasil cetakannya.
Rantai tersebut akan berputar secara horizontal dan setelah tepat  pada posisi percetakan, palu pemukul akan mengetuk pola karakter di rantai dan melalui karbon, bentuk dari karakter akan tercetak di kertas. Chain printer mempunyai kecepatan yang tinggi sampai 1000 baris per menit.
Band Printer

Band printer cara operasinya sama dengan chain printer, tetapi menggunakan pita besi (steel band ) yang berisi kumpulan pola karakter.

Drum printer

Drum printer adalah printer yang kumpulan karakternya diletakkan pada permukaan luar dari suatu  drum metal. Tiap-tiap posisi kolom pencetakan terdapat satu lingkaran kumpulan karakter d drum. Proses pencetakan karakter dilakukan dengan memutar drum sampai pada bentuk karakter yang diinginkandan suatu palu pemukul akan mengetuk karakter tersebut.

              Non Impact Printer

            Nonimpact printer bekerjanya dengan cara menyemprot kertas dengan tinta. Kelemahan dari nonimpact printer adalah tidak dapat membuat sekaligus beberapa rangkap hasil cetakan.
Inkjet Printer

Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis Nonimpact printer merk printer tersebut.
Proses pencetakan pada inkjet printer, dimulai dengan bahan termoplastik dan materi pendukung (lilin) ​​yang ditahan dalam keadaan meleleh dalam dua reservoir panas. Bahan-bahan ini masing-masing diteruskan ke kepala cetak inkjet. Kedua bahan tersebut akan  langsung dingin dan mengeras. Setelah lapisan telah selesai, kepala penggilingan bergerak di lapisan untuk meratakan permukaan.Lift kemudian menurunkan platform membangun dan bagian sehingga lapisan berikutnya dapat dibangun. Setelah proses ini diulang untuk setiap lapisan dan bagian selesai, bagian tersebut dapat dihapus dan bahan pendukung lilin bisa mencair.
Thermal Printer

Printer ini menggunakan kepala cetak yang berisi jarum-jarum besi yang masing-masing dipanasi secara terpisah. Kertas yang digunakan adalah khusus yang peka terhadap panas.
Jarum besi yang dipanasi, bila diletakkan dekat dengan kertas yang peka panas tersebut menyebabkan bentuk karakter akan terbakar di kertas. Thermal printer tidak dapat mencetak bentuk yang berwarna.

Laser Jet Printer

          Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan printer-printer sebelumnya.
  Proses pencetakkannya dilakukan dengan mem-fokuskan gambar yang akan dicetak titik pertitik yang dilakukan oleh semi conductor laser. Karena output yang dihasilkan sangat memuaskan, maka printer jenis laser jet sangat cocok digunakan oleh pelbagai percetakan. Selain itu, pilihan huruf yang dimiliki juga sangat beragam, demikian pula style ataupun bentuk dari huruf yang bersangkutan
Electrostatic Printer

          Electrostatic printer menggunakan kepala cetak yang berisi jarum-jarum besi yang diberi aliran listrik. Cara kerja Electrostatic printer sama dengan thermal printer, kecuali kertas yang digunakan adalah kertas khusus yang dilapisi dengan alumunium oksida. Electrostatic printer juga tidak dapat mencetak bentuk yang berwarna-warna.

Thermal Transfer Printer

Thermal transfer printer merupakan printer teknologi panas (thermal) yang terbaru dan dapat mencetak dalam bentuk warna-warna. Thermal transfer printer menggunakan kepala cetak yang dipanasi dan suatu karbon yang mengandung partikel-partikel tinta yang dilekatkan pada lilin. Jika lilin ini meleleh partikel tinta akan terlepas dan melekat di kertas.
Pencetakan transfer termal digunakan untuk mencetak informasi variabel kode batch, kode tanggal, nomor urut, teks, diagram dan kode bar ke label akhir pallet, karton atau kotak, untuk pergudangan dan distribusi kebutuhan.

          Untuk thermal printer yang mencetak lebih cepat, pengguna harus menentukan kertas termal yang lebih sensitif. Label termal dengan respon yang lebih cepat termal dapat mencetak dengan kecepatan hingga 12 inci (305mm) per detik, atau pada kecepatan lebih lambat di mana suhu print-head dapat dikurangi, sehingga kehidupan print-head lebih panjang.

DOWNLOAD MATERI LENGKAP DISINI

About lintasinformaticha

my live it's adventure

Posted on November 12, 2012, in download, printer dan plotter. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: